Serba-Serbi Pertanyaan Seputar Menstruasi

Ada apa sih bergotong-royong dibalik serba-serbi menstruasi yg notabene hanya dialami para kaum wanita dalam usia reproduksi?
Yuk kita lihat bersama beberapa hal seputar menstruasi. Enggak perlu khawatir, kita tak akan berguru teori yg rumit & njlimet kok. Santai aja..aku coba jelaskan yg praktis-praktis saja biar gampang dipahami. Jika sobat ingin teori lengkapnya, warta sanggup diperoleh melalui banyak situs lain di jagat maya.
Apa sih yg dimaksud dengan menstruasi itu ?
Menstruasi / haid seringkali disebut kaum cewek ”datang bulan ”, definisi teoritisnya yaitu : pelepasan dinding endometrium (dinding dari lapisan rahim) disertai keluarnya darah terjadi secara periodik & teratur tiap bulan.
Mulai usia berapa sih anak wanita mendapat menstruasi?
Usia tiap anak wanita mendapat haid sangat bervariasi yakni antara umur 10 tahun hingga 16 tahun. Namun akhir-akhir ini usia anak wanita mendapat menstruasi pertama semakin muda. Kapan ketika mendapat menstruasi pertamakali sangat tergantung dari banyak hal, antara lain faktor keturunan, gizi, keseimbangan zat pengatur pertanaman (hormon), faktor psikologis & sebagainya.
Apa syarat biar seorang wanita bisa, menstruasi ?
Untuk sanggup terjadi menstruasi maka perlu a&ya fungsi vagina, rahim, indung telur & a&ya hu.bungan yg sinergis dari hipotalamus - susunan syaraf sentra dengan indung telur. Hu.bungan ini digambarkan dengan terciptanya kekompakan sistem kerja hormon dalam badan seorang wanita terutama hormon steroid (estrogen & progesteron)
Seorang wanita memiliki dua indung telur / disebut juga ovarium. Secara periodik setiap satu siklus kira-kira pada hari ke 14 ada salah satu sel telur matang yg dilepaskan dari indung telur. Bila tidak ada pertemuan sel sperma & sel telur maka pembuahan tidak terjadi. Nah sebab sel telur tidak dibuahi akan mengakibatkan dinding rahim meluruhkan lapisan endometrium, terjadilah menstruasi.
Mengapa ketika menstruasi ada yg mengeluh nyeri / kram perut ?
Nyeri pada perut ketika menstruasi (dismenorhoe) ini akhir dari gerakan otot rahim yg berusaha mengeluarkan darah menstruasi. Sensasi nyeri ini tidak lepas dari efek suatu zat kimiawi yg diproduksi secara alami oleh badan berjulukan hormon prostaglandin. Nyeri / kram perut (spasme) biasanya terasa mulai semenjak sebelum menstruasi & mencapai puncaknya paling berpengaruh sekitar 12 jam sehabis mulai keluar darah menstruasi.
Nah, adakalanya nyeri semakin berpengaruh sebab a&ya ketegangan psikologis contohnya stres pekerjaan, kuliah, / problem keluarga.
Nyeri ketika menstruasi itu ancaman nggak sih, apa harus ke dokter ?
Ada beberapa wanita yg mengalami rasa nyeri yg sangat luar biasa, bahkan hingga menstruasi selesai. Keadaan menyerupai ini memerlukan investigasi dokter seorang andal kandungan biar diketahui adakah kelainan / gangguan dari rahim.
Misalnya a&ya kontraksi / gerakan otot rahim yg berlebihan (hiperaktifitas kontraksi uterus), polip, kista, kelainan bentuk dari rahim, / kemungkinan ra&g pada lapisan dinding rahim maupun pada panggul.
Kalau tiap mau mens minum obat anti nyeri terus menerus ancaman tidak ya ?
Obat anti nyeri termasuk kelompok zat kimia. Minum obat anti nyeri harus selalu dalam ukuran & takaran yg terpantau dihentikan sembarangan. Jenis obat analgesik / obat anti nyeri bila dikonsumsi terus menerus secara “tidak kondusif tanpa resep dokter & tidak sesuai dosis”, dapat  menggangu lapisan lambung, ginjal & hati.
Bila seorang wanita perlu mendapat pengobatan anti nyeri  dari dokter secara rutin pada ketika menstruasi, maka tingkatan minum air putih untuk mengimbangi imbas samping obat-obatan tersebut
Bagaimana upaya untuk mengurangi nyeri ketika menstruasi selain obat ?
Ada banyak hal untuk meringankan keluhan nyeri menstruasi. Antara lain olahraga renang, senam, lari pagi, yoga, aerobik sebagainya.
Lakukan kompres hangat pada tempat nyeri, misal di perut / pinggang. Latihan pernafasan relaksasi, terapi akupunctur, relaksasi dengan aromaterapi & cukup istirahat. Jangan dilupakan teladan makan perlu diperhatikan, kurangi garam & kafein juga masakan yg pedas. Lebih baik konsumsi jus buah segar.
Benarkah bila sering nyeri menstruasi akan sulit punya anak ?
Tidak selalu demikian. Artinya pendapat bahwa setiap orang yg nyeri berlebihan pada waktu menstruasi dianggap akan sulit punya anak tidak seluruhnya benar. Buktinya ada  pula wanita yg ketika sebelum menikah sering mengeluh nyeri haid kesudahannya bisa, punya anak, bahkan nyeri haidnya jadi sembuh.
Untuk memastikan penyebab nyeri & penentuan diagnosa perlu investigasi lebih lanjut dari dokter seorang andal kandungan. Bila nyeri memang dirasakan sangat mengganggu aktifitas bahkan hingga pingsan, maka sebaiknya jangan tunda untuk periksa ke dokter. Hal ini penting biar segera diketahui secara dini adakah kelainan pada letak & posisi rahim / peralatan kandungan secara keseluruhan. Pemeriksaan ni menggunakan peralatan USG dll.
Mengapa ada wanita sudah berusia remaja tapi belum juga mendapat menstruasi ?
Nah ini PR penting buat para ibu, bila memiliki anak wanita yg memasuki usia pubertas belum juga mens maka perlu dibawa pada dokter. Penyebab terlambat mendapat menstruasi sangatt bervariasi. Antara lain yaitu faktor ketidak seimbangan hormon, keturunan, gisi, & yg amat penting yaitu fungsi dari rahim sendiri, termasuk juga keadaan selaput dara. 
Lho apa hu.bungannya selaput dara dengan tidak mendapat menstruasi ya?
Begini, selaput dara pada wanita secara alami terdapat sedikit celah untuk mengeluarkan darah haid. Apabila selaput dara ini buntu sama sekali maka darah menstruasi tidak bisa, keluar. Keadaan ini disebut hematokolpos /  hematometra. Yakni suatu keadaan dimana darah haid terkumpul dalam vagina akhir selaput dara yg buntu (himen imferporata) & bisa, juga sebab penyumbatan lainnya ( Kapita selekta kedaruratan obstetri ginekologi;224 th 1994 ).
Sebagai pinjaman biar darah tersebut bisa, keluar maka dokter kandungan akan melaksanakan tindakan bedah sebagai pinjaman untuk mengeluarkan darah  menstruasi yg tertahan, caranya dengan buat celah pada selaput dara sebagai jalan masuk keluarnya darah menstruasi.
Mengapa gizi memegang peranan penting untuk proses menstruasi ?
Berbagai penelitian telah dilakukan oleh para andal bahwa berat ba& yg ekstrem (terlalu kurus maupun terlalu gemuk) akan menghipnotis fertilitas / kesuburan. Keseimbangan kerja hormon dalam badan menjadi terganggu. Terutama hipotalamus yakni penggalan yg mengatur hormon GnRH (gonadotropin – realising hormon) .
Obesitas / kegemukan meningkatkan juga kadar hormon androgen yg menimbulkan gangguan fungsi hipotalamus. Sehingga tidak terjadi proses pematangan sel telur / disebut anovulasi. (Asuhan kebi&an Edisi 4, Hellen Varney dkk, 2007 )
Darah ketika menstruasi yg keluar banyak ancaman tidak ya ?
Jumlah darah yg keluar ketika menstruasi sangat bervariasi & setiap orang tidak akan sama. Hari pertama umumnya akan banyak & warna cenderung merah segar, kemudian berangsur akan berkurang hingga dengan hanya flek kecoklatan saja. Hal ini masih dalam batas normal.
Tetapi bila setiap mendapat menstruasi keluar darah dalam jumlah banyak, merah segar,mengalir deras bahkan berlanjut berhari hari & mengakibatkan tkamu / tanda-tanda anemia menyerupai pusing, pingsan segera periksakan diri ke dokter. Perlu juga ada warta tambahan2 dari keluarga apakah ada keturunan orang bau tanah mengalami kelainan pembekuan darah.
Pada usia menjelang menopause ka&g mens tidak teratur, apakah ini masuk akal ?
Ya hal ini wajar, ibu tak perlu cemas. Secara sedikit demi sedikit menjelang usia 45 - 55 tahun, fungsi peralatan kandungan mengalami penurunan. Terutama produksi sel telur. Masa-masa ini ada kalanya menjadi masa yg sedikit menggelisahkan. Pada kurun waktu menjelang menopause ini terjadi penurunan hormon estrogen.
Namun adapula wanita yg merasa bahagia sebab ada pertkamu berhentinya menstruasi. Tak perlu repot-repot katanya. Usia 45 tahun ke atas ibu jangan kaget bila menstruasi mulai tidak teratur & kesudahannya berhenti sama sekali.
Terlambat menstruasi minum obat pelancar haid boleh tidak ya ?
Secara alami badan memiliki kemampuan untuk mengatur proses terjadinya pematangan sel telur & terjadi pengeluaran sel telur yg tidak dibuahi. Obat-obat pelancar haid bergotong-royong tidak perlu. Sebenarnya yg perlu yaitu tingkatkan asupan masakan bergizi, kurangi stres mental, istirahat teratur, olahraga & jaga stamina badan biar tidak sakit-sakitan, dijaga biar berat ba& terlalu kurus jangan terlalu gemuk. Terlambat Menstruasi juga bersahabat kaitannya dengan hormon dalam tubuh.
Mengapa ya menstruasi kok tidak teratur sering terlambat ?
Siklus menstruasi tiap wanita berbeda satu sama lain, ada yg siklus pendek antara 21 - 24 hari kemudian ada yg normal berkisar 28 hari / 30 hari. Beberapa wanita ada yg lebih panjang lagi hingga 42 hari. Bila selama ini rutin haid setiap bulan & ka&g maju / bahkan mundur seminggu…/ tiba tiba sebulan tidak mens tidak problem kok…, Nggak usah ditanya  “ Rembulan kenapa nggak datang-datang ? ” he he he.
Bagi suami istri, penggunaan peralatan pelindung (metode kontrasepsi) yg digunakan juga dapat  menjadi salah satu penyebab gangguan siklus menstruasi terutama pada KB hormonal baik suntik maupun pil & peralatan kontrasepsi dalam rahim (sering dikenal dengan spiral). Hal ini wajar, biasanya bi& / dokter telah menawarkan konseling sebelum ibu menentukan kontrasepsi hormonal. Konseling ini termasuk mengenai imbas samping dari metode kontrasepsi yg dipilah.
Penggunaan metode KB apapun tetap ada angka kegagalan, kecuali tubektomi (steril pada perempuan) / vasektomi (steril pada laki-laki). Oleh sebab itu, pada pasangan suami istri kemungkinan tidak datangnya menstruasi sanggup pula akhir pembuahan / terjadi kehamilan. Perlu dilakukan test urine untuk mengetahui kepastian hamil.
Hal lain yg sanggup menghipnotis siklus menstruasi yaitu bila ibu menyusui, terutama mensusui secara esklusif. Pada masa menyusui hormon yg aktif yaitu hormon prolaktin yg memproduksi ASI. Sehingga siklus haid menjadi berubah. Hal ini juga mengurangi kesuburan & membantu menjarangkan kelahiran. Di kenal dengan Metode Amenorhoe Laktasi. Tapi….sebaiknya ibu menyusui tetap ikut KB. 
Kalau sebulan tidak menstruasi bahaya tidak sih ?
Sebaiknya wanita tidak haid sebulan bergotong-royong beruntung sebab tidak mengalami kehilangan darah akhir haid. Tetapi ka&g setiap wanita merasa ada sesuatu yg kurang bila tidak menstruasi. Menstruasi bisa, saja tiba – tiba bolos tanpa pamit  tak perlu cemas. Bisa jadi sebab kita terlalu stres, kelelahan / perpindahan pekerjaan, rumah & kantor.
Namun demikian disarankan bila tidak menstruasi berturut-turut selam 3 - 6 bulan sebaiknya seorang wanita memeriksakan dirinya pada dokter. Kemungkinan  hal ini akhir gangguan hormonal & gangguan fungsi indung telur & sebagainya. Pada pengobatan dengan obat golongan kortikosteroid bisa, pula mengakibatkan gangguan siklus menstruasi.
Terakhir…hu.bungan seksual ketika menstruasi berbahaya tidak ya?
Sebaiknya tidak melaksanakan hu.bungan seksual selama menstruasi. Mengapa? Karena pada ketika menstruasi rawan terjadi infeksi.Terlebih bila salah satu pasangan menderita penyakit kelamin. Meskipun ada pendapat pro & kontra mengenai hu.bungan seksual ketika menstruasi seyogyanya dihindari saja dulu.
Pada ketika menstruasi, ka&gkala terjadi pengeluaran lendir kesuburan juga. Mengingat kedua sel telur seorang wanita akan matang secara bergantian. Maka kemungkinan  berhu.bungan seksual di ketika menstruasi bisa, saja terjadi kehamilan. Bagi pasangan yg menggunakan metode KB alamiah yakni pengamatan lendir dari rahim disarankan untuk menghindari hu.bungan seksual ketika menstruasi.
Catatan :
Beberapa istilah yg perlu dikenal ;
  • Mittelschmers : yaitu nyeri intermentrual pada perut penggalan bawah. Umumnya berkaitan dengan ovulasi
  • Ovulasi : keluarnya sel telur yg sudah matang & merupakan rangkaian awal proses persiapan pembuahan ( kehamilan ) & bila tidak terjadi pembuahan berakhir dengan menstruasi
Waspada keganasan (kanker) pada peralatan kandungan:
Bila seorang wanita sudah usang berhenti haid & usia memasuki usia lanjut tiba – tiba mengeluarkan darah dari peralatan kelamin kemungkinan terdapat gangguan pada kandungan. Sebaiknya sesegera mungkin ke dokter seorang andal kandungan.

Subscribe to receive free email updates: