Kurang Minum Susu? Waspadai Tanda-Tanda Kekurangan Iodin Di Usia Remaja

Gill Bembridge tak begitu khawatir dikala mendapati benjolan kecil di leher putrinya, Faye. Ia menerka putrinya hanyalah kedinginan. Hingga suatu dikala salah seorang temannya menyampaikan itu bukanlah benjolan biasa.

"Ia seorang pensiunan dokter, namanya Pete Lansley. Ia bilang benjolan itu pertkamu Faye kekurangan iodin. Ini tak pernah terlintas dalam benak saya sekalipun," kata Gill.

Dan ibu dua anak itu kaget dikala efek jangka panjang dari kekurangan iodin bukan hanya benjolan, namun sampai gangguan mental, entah itu pada belum dewasa maupun orang cukup umur sekalipun. Khusus bagi remaja perempuan, mereka juga butuh lebih banyak iodin biar payudara & ovariumnya berkembang dengan baik.

Menurut laporan WHO, kekurangan iodin juga dekat kaitannya dengan turunnya IQ / kepintaran, kelelahan akut, keguguran, sampai gangguan tiroid yg berperan penting dalam proses perkembangan. Bila sudah parah, kekurangan iodin juga sanggup mengakibatkan hilangnya daya ingat & mandul.

Ketika dimintai keterangan, Dr Lansley mengambarkan gondongan / benjolan yg muncul di leher gadis 9 tahun itu juga beliau temukan pada belum dewasa tetangganya yg masih remaja di daerah Yorkshire. Benjolannya persis di tengah leher & akan bergerak naik turun dikala se&g mengunyah.

"Gondongan merupakan tanda-tanda paling terang dari kekurangan iodin. Bila badan kekurangan mineral ini maka kelenjar tiroid membesar biar sanggup menghasilkan hormon tiroid sendiri, makanya membengkak," terang Dr Lansley .

"Di tahun 60-an saya pernah bertugas di Turki & melihat banyak gadis remaja mengalami kondisi semacam ini, namun saya tak pernah menerka akan melihatnya di Inggris," tambahnya.

Namun dari sebuah penelitian yg dipublikasikan The Lancet di tahun 2011 terungkap bahwa 70 persen remaja di penjuru UK mengalami kekurangan iodin, meskipun hanya satu dari lima anak yg kadar iodinnya tergolong sangat rendah.

Lantas bagaimana bisa, remaja-remaja di Inggris kekurangan iodin? Iodin sanggup diperoleh dari masakan laut, rumput laut, ikan cod & kerang. Akan tetapi yg lebih banyak ditemukan di Inggris ialah keju & yoghurt.

Hanya saja di tahun 1970-an konsumsi susu di negara ini menurun drastis alasannya yaitu alergi & perubahan2 selera di masyarakat. Se&gkan susu organik yg diproduksi di peternakan-peternakan Inggris mengandung iodin 40 persen lebih sedikit ketimbang susu yg dihasilkan di peternakan pada umumnya.

Beruntung sesudah dibawa ke dokter & mendapat resep embel-embel iodin, gondong di leher Faye perlahan menghilang hanya dalam waktu satu bulan. Setelah itu Gill bertekad untuk memenuhi asupan susu & masakan kaya iodin lainnya untuk putrinya itu.

Menurut jago nutrisi Leona Victoria Djajadi, DNC, iodin tergolong ke dalam tiga nutrisi yg harus diberikan biar anak tumbuh cerdas. "Cara termudah untuk memenuhinya ialah menggunakan garam beryodium, tetapi juga jangan berlebihan," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Anak usia 0-1 tahun bisa, mengonsumsi garam 1 gram per hari, kemudian untuk anak usia 1-6 tahun garam 2-3 gram bisa, diberikan per hari.

Subscribe to receive free email updates: