Haluskan Kulit Dengan Kentang

Umbinya bisa, dibentuk bermacam-macam penganan. Bisa juga dimasak dengan banyak sekali macam cara. Namun, lebih dari itu, ternyata kentang bisa, buat kulit & telapak tangan halus, bahkan menghilangkan jerawat serta bisul.

Jenis sayur yg masih sekeluarga dengan umbi-umbian ini bentuknya memang sederhana. Ada yg bulat, ada yg lonjong, & masih banyak bentuk tidak teratur lainnya.

Walau bentuknya berupa-rupa & tidak terlalu menarik, kentang menyimpan segu&g kelezatan. Terbukti dengan banyaknya jenis masakan hasil olahan kentang, entah itu masakan kecil maupun masakan besar menyerupai semur & lain-lain.

Bahkan, di beberapa tempat & negara, kentang dijadikan masakan pokok. Sebab, selain mineral kalsium & fosfor, kentang juga mengandung karbohidrat.

Menurut Prof Dr H Arjatmo Tjokronegoro, MPH, di dalam 100 gram kentang terkandung energi 83,00 kalori, protein 2,00 gr, lemak 0,10 gr, karbohidrat 19,10 gr, kalsium 11,00 mg, fosfor 56,00 gr, serat 0,30 gr, besi 0,70 mg, vitamin B1 0,09 mg, vitamin B2 0,03 mg, vitamin C 16,00 mg, niacin 1,40 mg, & lain-lain.

Sementara itu, kandungan mineral natrium dengan kadar alkalin yg cukup tinggi pada kentang sanggup meningkatkan pH yg terlalu asam pada tubuh. Kandungan ini membantu memelihara kesehatan hati serta mempertinggi elastisitas jaringan & lenturnya otot-otot tubuh. Manfaat lain dari kentang adalah menetralisasi asam urat dalam darah, mengobati penyakit ginjal & jantung, serta mengurangi lendir pada tenggorokan & hidung.

Alpha-lipoic acid

Selain itu, berdasarkan Dr Nicholas Perricone, ajudan klinis profesor dermatologi di Yale University Medical Center, Amerika Serikat, di dalam kentang terdapat pelengkap yg disebut alpha-lipoic acid, yg bisa meningkatkan pertanaman. Suplemen ini dipakai setiap organisme. Tidak ada sumber masakan yg punya banyak kandungan nutrien ini selain kentang.

Dalam penelitiannya, Dr Nicholas menemukan bahwa cairan tropical alpha-lipoic acid yg dibuatnya sanggup mengurangi garis-garis halus, kerutan, & perubahan2 lainnya yg berkaitan dengan penuaan di kulit. "Awalnya kami melihat a&ya pengurangan pera&gan (inflamasi) sehingga sembab di mata menurun," kata Perricone.

Dalam beberapa minggu, lingkaran kehitaman di bawah mata mulai merata. Dalam penelitian lain dengan cairan alpha-lipoic acid yg lebih pekat, subyek yg diteliti melaporkan bahwa bekas parut menjadi lebih samar sesudah pemakaian selama delapan minggu.

Berbagai penelitian lain menemukan bahwa alpha-lipoic acid juga mempunyai kegunaan untuk jantung. Lester Packer dari University of California, Berkeley, AS, mendapatkan bukti, hewan-hewan yg mendapatkan pelengkap ini dalam masakan mereka tampak lebih cepat pulih dari serangan jantung dibandingkan dengan yg tidak.

Sebuah penelitian yg dilakukan di Jerman pada tahun 1997 juga menemukan, 800 mg alpha-lipoic acid per hari secara kasatmata meningkatkan fungsi kardiak di antara para diabetesi.

Bisa buat mual

Kentang memang sangat berkhasiat. Namun, menyerupai masakan lain, jikalau kebanyakan, akan berakibat tidak baik. Demikian juga dengan kentang. Bila dikonsumsi secara berlebih, kentang akan menjadikan imbas menyerupai mual, muntah, & diare. Ini terjadi sebab ada zat yg dinamakan solanin.

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan untuk mencegahnya, yakni makan kentang dalam jumlah secukupnya. Selain itu, jangan mengonsumsi kentang yg masih muda & berwarna hijau sebab kandungan solaninnya tinggi. Kalau hendak menurunkan reaksi solanin, sanggup dilakukan dengan cara menyimpannya di tempat hambar / lembab.

Beragam nama

Sayuran yg berjulukan Latin Solanum tuberosum L ini termasuk famili Solanaceae & mempunyai varietas yg cukup banyak. Antara lain kentang kuning, kentang putih, kentang merah, & ada juga kentang hitam / sering juga disebut kentang jawa (Coleus tuberosus, Benth).

Sayur berkulit tipis & dibiakkan dengan cara menanam umbinya pribadi pada tanah ini mempunyai nama yg sangat bermacam-macam di setiap daerah. Misalnya, kentang disebut gantang di Aceh, gowi balandra (Nias), huwi kumeli (Sunda), wowol (Minahasa), farkia workamu (Papua), & masih banyak lagi.

Beberapa resep kentang

Menurut beberapa sumber, salah satunya dari Broto Soedibyo, beberapa dilema kesehatan bisa, diatasi dengan kentang, antara lain:

* Menghaluskan telapak tangan

Bahan:
- Satu umbi kentang
- Satu buah jeruk nipis

Cara Membuat: Bersihkan satu umbi kentang dengan air & kupas. Setelah itu parut. Setelah parutan tersebut lumat, gosok-gosokkan pada telapak tangan secara berulang-ulang. Biarkan parutan tersebut menempel di telapak tangan kira-kira 20-30 menit. Setelah itu, ambil jeruk nipis. Belahlah menjadi dua & gosokkan pada telapak tangan hingga bersih.

* Membersihkan bercak pada kulit

Bahan:
- Satu umbi kentang
- Air secukupnya
- Sesendok madu

Cara Membuat: Bersihkan umbi kentang, kupas & potong-potong menjadi kecil. Masukkan potongan kentang dalam juicer. Beri sedikit air untuk membantu proses pelumatan. Minumlah jus kentang sekaligus. Lakukan selama beberapa hari. Sehari satu gelas hingga bercak hilang.

* Menghilangkan jerawat

Bahan: - Satu umbi kentang

Cara Membuat: Bersihkan kentang & kupas. Setelah itu, iris tipis-tipis kira-kira 3 milimeter. Sebelum memakainya, Anda harus mencuci muka dahulu hingga bersih. Tempelkan irisan kentang pada potongan yg berjerawat. Biarkan kentang menempel hingga berwarna keabu-abuan & kering. Lakukan setiap hari menjelang tidur malam.

* Menghaluskan kulit
Bahan: - Dua umbi kentang

Cara Membuat: Setelah kentang dibersihkan & dikupas, barulah diparut & dilumatkan hingga lembut. Sebelum dioleskan pada kulit muka, bersihkan dulu muka Anda dengan air. Kemudian, oleskan seluruh parutan pada kulit muka hingga merata. Biarkan parutan menempel di kulit hingga kira-kira satu jam. Setelah itu, bersihkan dengan air.

* Bisul di kepala
Bahan: - Satu umbi kentang

Cara Membuat: Setelah dibersihkan & dikupas, kentang diparut & dilumatkan hingga lembut. Tempelkan parutan kentang tersebut pada bisul & biarkan menempel hingga kering. Bila belum mengempis, tempeli lagi dengan parutan kentang.

* Menghilangkan jerawat di potongan mata
Bahan:
- Satu umbi kentang
- Kain tipis yg higienis seukuran sapu tangan.

Cara Membuat: Setelah kentang dibersihkan & dikupas, barulah diparut & dilumatkan. Bungkus parutan kentang dalam kain. Tekankan bungkusan tersebut pada potongan mata yg membengkak agak berpengaruh semoga air kentang keluar membasahi kulit yg bengkak. Lakukan berulang kali tindakan tersebut.

Subscribe to receive free email updates: