Gizi Susu Segar Lebih Baik?

Rasanya tak ada yg mewaspadai nilai gizi yg terkandung pada susu. Susu merupakan sumber protein, lemak, vitamin, & mineral yg perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Akan tetapi, susu menjadi bahan2 pangan yg tidak layak konsumsi bila tidak ditangani dengan benar.

Saat ini di pasaran tersedia banyak sekali produk susu, ada yg dalam bentuk bubuk, susu kental manis, / susu segar. Akan tetapi, susu kental bagus tidak terlalu dianjurkan untuk konsumsi sehari-hari alasannya yaitu kandungan gulanya yg tinggi.

Susu segar, berdasarkan dr Samuel Oetoro, SpGK dari Klinik Semanggi, mempunyai keunggulan dibanding susu kental bagus / susu debu alasannya yaitu proses pengolahannya tidak berlebihan sehingga zat gizi yg terbuang lebih sedikit.

"Susu segar, baik yg di-pasteurisasi / susu UHT (ultrahigh temperature), sama-sama mempunyai keunggulan nilai gizi yg tinggi. Selain itu, susu yg sudah siap minum ini rasa susunya lebih terasa," katanya.

Sementara susu bubuk, yg proses pengolahannya merupakan susu cair yg dikeringkan, berdasarkan dr Samuel, akan kehilangan beberapa zat gizi. "Memang di zaman kini ini susu debu disuplementasi, zat gizi yg terbuang dalam pengolahan akan ditambahkan lagi. Tetapi, bila ingin menentukan yg natural, tentu pilihannya susu segar," katanya.

Meski demikian, susu debu mempunyai keunggulan daya tahan yg usang & mudah alasannya yaitu gampang dibawa-bawa. Sementara itu, bila Anda lebih menentukan susu segar yg pribadi dibeli dari peternak, dr Samuel mengingatkan pentingnya mencari sumber susu yg aman.

"Meski bersifat alami, tetapi pilih peternakan yg menjaga kualitas produknya. Perhatikan apakah pangan ternak itu mengandung kontaminan / tidak," katanya.

Subscribe to receive free email updates: