Ancaman Di Balik Renyahnya Kentang Goreng

Menyantap kentang goreng yg ekstra crispy tentunya sangat menyenangkan. Renyahnya kentang goreng seolah akan buat pengecap bergoyg & selalu ingin nambah.

Namun siapa sangka, di balik kerenyahannya ada ancaman tersembunyi berupa acrylamide.  Lembaga pengawas obat & masakan AS (Food and Drug Association/FDA) dalam sebuah laporan belum usang ini kembali mengingatkan potensi ancaman acrylamide. Senyawa  dengan rumus kimia C3H5NO ini berisiko menimbulkan kanker.

Acrylamide dihasilkan dari masakan menyerupai kentang, sereal, / roti yg digoreng / dipanggang dengan suhu tinggi dalam waktu lama. Seperti dilaporkan NPR, meski belum terbukti menimbulkan kanker pada insan namun akan lebih baik kalau sepenuhnya menghindari acrylamide, contohnya dengan tidak menyantap masakan yg digoreng / dipanggang terlalu lama.

Bila tidak memungkinkan, disarankan untuk mengurangi jenis masakan yg mengandung zat tersebut setiap harinya. Berikut ini yakni tips untuk menekan kadar acrylamide dalam masakan yg dikonsumsi.

1. Hindari menggoreng
Hal ini harus dilakukan meski kita sangat menyukai rasa "kriuk" & renyah hasil menggoreng. Mengolah masakan dengan cara menggoreng memicu terbentuknya acrylamide. Pilihlah kentang dalam bentuk salad sebagai gantinya. Kalau pun terpaksa harus menggoreng sendiri di rumah, jangan terlalu matang.

2. Jangan terlalu usang memanggang

Makanan yg terlalu usang dipanggang akan meningkatkan jumlah acrylamide dalam hi&gan. Sehingga, kalau ingin makan roti panggang sebaiknya terus diawasi, & segera diangkat kalau sudah berwarna coklat muda.

3. Jangan simpan kentang dalam lemari es

Suhu penyimpanan yg terlalu dingin, ternyata memicu peningkatan jumlah acrylamide dikala masakan tersebut dimasak. Sehingga masakan menyerupai kentang olahan sebaiknya cukup disimpan dalam pantry.

4. Pilih metode masak rebus / kukus

Cara masak rebus & kukus tidak meningkatkan jumlah acrylamide dalam makanan. Sehingga metode masak keduanya lebih sehat dibanding goreng / panggang.

Subscribe to receive free email updates: