Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan Dan Rambut

 mempunyai nama latin Apium graveolens L & termasuk dalam famili Apiaceae atau suku adas Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan & Rambut
Seledri mempunyai nama latin Apium graveolens L & termasuk dalam famili Apiaceae atau suku adas-adasan. Seledri satu suku dengan wortel & adas pulosari. Daun seledri sudah semenjak usang digunakan sebagai materi penyedap kuliner lantaran aromanya yg khas & menggugah selera. Bahkan di negara-negara Eropa & Jepang flora seledri tidak ada yg mubazir, alasannya ialah mereka sudah biasa mengakibatkan batang, daun & biji bunga seledri sebagai materi masakan.

Seledri mulai dikenal di Indonesia semenjak jaman penjajahan Belkamu. Waktu itu para penjajah memakai seledri untuk penyedap kuliner berkuah menyerupai sup. Sekarang ini, seledri merupakan cuilan tak terpisahkan dari kuliner Indonesia.

Selain keuntungannya sebagai materi masakan, seledri juga berguna sebagai flora obat herbal untuk mengatasi aneka macam penyakit & gangguan kesehatan. Hal ini lantaran seledri mengandung senyawa-senyawa yg diharapkan tubuh.

Berikut ini beberapa senyawa yg terkandung dalam daun seledri & berguna untuk kesehatan:

  • Senyawa 3-n-butilpthalida, menurunkan tekanan darah, anti pera&gan tanggapan infeksi, anti kejang, & menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Senyawa L-triptofan, antioksi&, mencegah aterosklerosis dengan cara menghambat proses oksidatif.
  • Serat, mencegah kegemukan. Jenis seratnya butuh waktu lebih usang untuk dicerna sehingga menciptakan rasa kenyg.
  • Vitamin. Dalam 100 gram seledri terkandung 494 IU vitamin A. Semakin hijau daunnya, semakin tinggi kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin lain di dalam seledri antara lain vitamin C, B1, & B2.
  • Senyawa poliasetilena, bersifat racun bagi basil & jamur sehingga digunakan sebagai flora obat semenjak kurun pertengahan. Di antaranya untuk obat anti pera&gan tanggapan infeksi.

Aroma seledri yg khas berasal dari sejumlah komponen gampang menguap dari minyak atsiri yg dikandungnya, paling tinggi pada buahnya yg dikeringkan. Kandungan utamanya ialah butilftalida & butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Terdapat juga sejumlah flavonoid menyerupai graveobiosid A (1-2%)& B (0,1 - 0,7%), serta senyawa golongan fenol.

Komponen lainnya ialah apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama ialah asam petroselin (40-60%). Daun & tangkai seledri juga mengandung steroid menyerupai stigmasterol & sitosterol.

Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan

Bagi mendapat khasiat dari daun seledri, bisa dilsayakan dengan cara merebus & mengambil sarinya, dimasak, dimakan mentah atau dibentuk jus. Berikut ini beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan kita.

1. Sebagai Antioksi&

Seledri mengandung antioksi& jenis luteolin & flavonoid yg membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Luteloin juga berguna meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Sebagai Antiinflamasi

Seledri juga mengandung zat anti-inflamasi, serta efektif mencegah problem tulang menyerupai osteoartharitis & nyeri sendi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seledri kaya dengan vitamin A & vitamin C yg merupakan antioksi& penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memungkinkan produksi kolagen yg membantu melindungi otot & jaringan ikat untuk menjaga kesehatan kulit & melawan penyakit.

4. Memperkuat tulang

Seledri mengandung Vitamin K yg berperan dalam sintesis protein (jenis osteocalcin) sehingga meningkatkan kepadatan tulang & gigi.

5. Melindungi jantung

Tubuh kita menghasilkan asam amino yg disebut homosistein yg sanggup mengganggu fungsi normal pembuluh darah & mengakibatkan penyakit kardiovaskular. Seledri mengandung Vitamin B9 atau folat, yg sanggup mengubah asam amino menjadi molekul sederhana sehingga melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, & penyakit kardiovaskular lainnya.

6. Membantu mencegah kanker

Senyawa organik miristisin dalam seledri terbukti bisa mencegah perkembangbiakan sel kanker dalam tubuh. Miristisin juga mengaktifkan enzim & membantu menetralkan senyawa berbahaya tertentu penyebab kanker prostat & usus.

Khasiat Seledri untuk Kesehatan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan, seledri juga berguna untuk kecantikan rambut menyerupai menyuburkan rambut, mengatasi rambut rontok &

1. Menyuburkan Rambut

Siapkan 7 hingga 10 helai seledri. Cuci hingga higienis sempurna. Kemudian tumbuk halus & gosokkan ke rambut yg telah dibersihkan. Pijat lembut kulit kepala Anda selama 15 menit. Setelah itu bungkus rambut yg telah digosokkan seledri & diamkan selama 1 jam. Setelah itu, kembali bilas rambut dengan air bersih. Bagi hasil maksimal, lsayakan langkah ini seminggu sekali.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Ambil seledri sebanyak dua genggam. Bersihkan & potong kecil-kecil. Selanjutnya haluskan dengan cara diblender. Setelah halus sempurna, simpan seledri yg telah halus & lalu campurkan dengan 1 butir telur yg telah dikocok. Aplikasikan adonan telur & seledri tersebut di kepala Anda & pijat lembut selama 15 menit. Setelah itu diamkan kurang lebih 1 jam & bilas bersih.

3. Meluruskan Rambut dengan Daun Seledri

Tumbuklah beberapa batang daun seledri yg masih segar hingga halus, tambahkan sedikit air. Peras untuk mendapat sari daun seledri, sesudah itu simpan didalam botol & diamkan selama 1 malam, gunakan untuk kreambath pada esok harinya. Setelah selesai, keramaslah memakai shampo.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat seledri yg bisa diungkap. Salah satunya ialah untuk mencerahkan wajah. Caranya dengan memasukkan irisan batang seledri ke dalam air panas, biarkan hingga dingin. Setelah itu airnya digunakan untuk mencuci muka.

Subscribe to receive free email updates: