Pendapat 4 Hebat Seputar Manfaat Susu

Meskipun banyak penelitian telah menunjukan sejumlah khasiat susu untuk kesehatan, namun tidak semua orang setuju bahwa susu benar-benar baik untuk kesehatan. Bahkan beberapa andal gizi ada yg mengklaim susu sanggup memicu kropos tulang & bahkan mengandung zat berbahaya pemicu kanker.

Mitos susu sebagai penyebab kanker juga sempat muncul dikala FDA  menyetujui departemen peternakan Amerika untuk menggunakan hormon pertanaman (bovine growth hormone/rBGH) pada binatang ternak pada 1994. Praktik tersebut menjadikan produksi susu sapi meningkat pesat di AS sehingga harga susu pun bisa, ditekan. Namun penggunaan hormon rBGH pada sapi tidak boleh di beberapa negara lain menyerupai Kanada, Jepang, Uni Eropa, Australia & Selandia Baru.

Lantas pertanyaannya yaitu apakah susu benar-benar memberi khasiat bagi kesehatan? Untuk menjawabnya, berikut yaitu keterangan beberapa andal terkait pan&gan terhadap minuman yg kaya akan protein, minreal & vitamin ini, menyerupai dikutip Myhealthnewsdaily:

Van&a Sheth, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Diabetetic

Satu gelas susu mengandung 150 kalori & sekitar delapan gram lemak. Kadar lemak jenuh dalam segelas susu memang cukup besar yakni sekitar 5 gram. Jumlah kalori & lemak yg Anda peroleh akan semakin tinggi bila dalam sehari Anda menenggak tiga gelas susu. Tapi tidak perlu khawatir, Anda sanggup menyiasati lemak jenuh dengan minum susu rendah lemak / tanpa lemak. Dengan begitu, Anda sanggup mengurangi asupan lemak & kalori, namun masih mendapat semua nutrisi dalam susu. Sebagai contoh, jikalau Anda minum delapan ounce (sekitar 235 ml) susu skim (rendah lemak), berarti Anda mendapat 90 kalori.

Susu sapi secara alami merupakan sumber yg kaya kalsium, vitamin D & potasium. Yogurt akan menjadi pilihan yg baik untuk menggantikan susu sapi jikalau Anda menyukainya, terutama yogurt tanpa lemak menyerupai yogurt Yunani, yg dari sisi jumlah karbohidrat lebih rendah & tinggi protein.

Keith Ayoob, profesor klinis, Departemen Pediatrik di Albert Einstein College of Medicine:

Beberapa gosip menyerupai a&ya dugaan penggunaan hormon pertanaman (rBGH) pada binatang ternak / bovine somatotropin untuk mendorong produksi susu sapi, sempat buat reputasi susu anjlok & buat banyak orang khawatir.

Namun penelitian telah menunjukan bahwa mengonsumsi susu yg berasal dari sapi yg diberi hormon tidak serta merta mentrasfer bahan2 aktif kimia ini ke dalam tubuh. Dengan kata lain, rBGH gres bisa, menjadikan kanker jikalau disuntikkan pribadi ke badan manusia.

Dr Amkamu Powell, dari Medicine Endocrinology, Diabetes and Nutrition Department di Boston Medical Center:

Dalam hal kesehatan, susu sapi yaitu sumber protein yg lengkap. Susu mempunyai delapan gram protein & 12 gram karbohidrat dalam setiap gelasnya. Susu sapi murni - tanpa fortifikasi - mengandung 300 miligram kalsium, yg sanggup mencukupi 30 persen dari jumlah asupan harian yg direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa. Selain itu segelas susu mempunyai setengah asupan harian vitamin B12 yg direkomendasikan.

Susu sapi biasanya juga diperkaya dengan vitamin D, & setiap orang membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Namun, serat tidak bisa, Anda dapatkan dalam susu sapi. Jumlah lemak pada susu bervariabel, termasuk lemak jenuh. Perlu diingat, ada sedikit kandungan lemak dalam susu rendah lemak menyerupai susu skim yg kandungan lemaknya hanya 1-2 persen saja.

Tapi susu juga mempunyai kandungan laktosa, sehingga sanggup menjadikan gastrointestinal / dilema pencernaan untuk orang yg mempunyai kekurangan enzim laktase.

Meagan Mohammadione, andal diet klinis di Emory Bariatric Center Emory, Atlanta

Susu sapi mempunyai kandungan protein dua kali lipat lebih banyak ketimbang susu kedelai. Akan tetapi, baik susu kedelai & sapi, keduanya merupakan sumber makanan yg kaya kalsium, kalium, fosfor, vitamin D & nutrisi lainnya.

Kedelai & susu sapi mempunyai banyak sekali jenis protein. Protein dalam susu sapi disebut kasein. Tubuh insan umumnya lebih gampang memproses & menggunakan nutrisi yg bersumber dari binatang ketimbang yg bersumber dari nabati.

Bagi para vegetarian, konsumsi susu kedelai sanggup menjadi alternatif terbaik. Susu mempunyai kandungan gula, & beberapa orang yg bermasalah dengan kadar gula darah biasanya mencemaskan hal ini. Tetapi kandungan gula pada susu / laktosa, tidak mempunyai dampak besar terhadap kenaikan gula darah dibandingkan gula pasir.
Selain itu juga ada perbedaan antara intoleransi lactosa & alergi susu.  Alergi terhadap susu bersama-sama sangat jarang, & yg terjadi bersama-sama yaitu seseorang alergi terhadap kasein pada susu.  Jika Anda alergi terhadap susu, Anda akan merasakannya. Bila Anda mengalami intoleransi laktosa pun akan mengetahuinya; di mana perut Anda terasa sakit & terasa kembung. Jika seseorang menyukai susu tetapi tidak bisa memtoleransi laktosa, maka disarankan untuk mengonsumsi susu bebas laktosa.

Subscribe to receive free email updates: