Tips Dan Cara Menciptakan Video Time Lapse Dari Kumpulan Foto Di Sony Vegas

Tips & Cara membuat video Time Lapse dari kumpulan foto di Sony Vegas,-Sony Vegas Pro sudah mempunyai opsi untuk menciptakan kumpulan foto menjadi video. Foto yg dimaksud ialah foto Time Lapse untuk dijadikan video eksklusif ke Track video.

Misalnya mengambil foto dengan camera untuk jedah waktu 10 detik selama 20 menit, akan menghasilkan foto 120 file. Foto tersebut sanggup dibentuk film / video. Menjadi pertanyaan bagaimana mengabungkan foto tersebut sesuai urutan kemudian menjadi sebuah video.

Persiapan sebelum memasukan foto Time Lapse ke Sony Vegas Pro untuk editing video

  • Persiapkan dahulu semua file yg sudah di konversi dalam format JPG. Bila dimungkinkan sudah di resize menjadi ukuran sesuai format video. Misalnya 1080x720pixel 9resolusi HD)
  • Ukuran foto harus sama & dihentikan di crop supaya gambar selaras
  • Semua urutan foto dimasukan ke satu folder, nantinya lebih gampang diambil dengan Sony Vegas, & nomor foto harus sesuai urutan ibarat frame film

Dengan Sony Vegas, triknya dibawah ini

Pilih File - Import - Media


Lalu lihat folder urutan foto yg sudah dibuat.

  1. Pilih Salah Satu File dari urutan foto yg akan dijadikan film, contohnya dari nomor DSC_0001.JPG hingga DSC_0120.JPG.
  2. File yg di click ialah titik awal foto DSC_0001.JPG.
  3. Baru di isi range dengan angka hingga ke nomor berapa file diambil. Bila semua file akan dimasukan sebagai video Time Lapse, click satu file paling awal & Ok, Vegas akan mengimpor semua file yg ada. Bagi memudahkan sanggup mengunakan folder untuk foto timalapse yg sama.
  4. Jangan lupa click bagian Open Still Image Sequence sebelum menutup Open




Di opsi Properties File

  • Setelah menentukan akan ditanyakan, file foto tersebut untuk film berapa Frame.
  • Dan pilih 1.0 Square jika foto belum dirubah.



Selesai di click OK, maka urutan nama file akan masuk ke daftar Project Media.
Tinggal ditarik nama file JPG ibarat gambar dibawah & Drag & Drop ke track video




Kelebihan menciptakan Time Lapse foto di Sony dengan foto asli

  • Hasil resolusi video dengan foto menjadi lebih tajam
  • Tidak perlu mengunakan software pembantu lain
  • Keuntungan untuk melsayakan Zoom sebab resolusi foto lebih tajam, & tidak menurunkan kualitas pixel video.
  • Bisa dipakai untuk Pan atau mengeser posisi foto tanpa menurunkan kualitas video
  • Tidak perlu melsayakan konversi file foto menjadi file video ibarat MP4 atau MOV, & kapan waktu sanggup dibentuk eksklusif dari software Sony Vegas Pro.
Kekurangan menciptakan Time Lapse foto di Sony dengan foto asli
  • Bila ukuran file foto masih orisinil & belum di resize, proses rendering menjadi lambat. Karena file foto yg besar akan memperlambat pembacaan data. Khususnya resolusi foto yg besar.
  • Proses preview menjadi lambat
  • Bisa dibaygkan jika foto diambil dari camera 16Mpix, akan menciptakan ukuran satu foto 8MB dalam format JPG. Bila ada 100 foto akan dibentuk menjadi film selama 4 detik dengan frame rate 25fps. Total 100 file JPG yg perlu di baca oleh software sebesar 800MB untuk durasi 4 detik. Umumnya untuk menciptakan video time lapse eksklusif dengan foto JPG dihindari, walau lebih cepat. Tapi proses untuk preview & editnya lebih sulit. Kebanyakan menentukan mengunakan software pembantu seperti Panolapseatau software lainnya.
Tip jika ingin mengunakan foto orisinil untuk video Time Lapse
  • Karena ukuran file foto orisinil sangat besar, contohnya dibentuk dari resolusi camera 16 megapixel. Ukurannya akan mencapai 2-3MB perfile. Bagi memperkecil ukuran file, disarankan untuk di perkecil sesuai ukuran video. Misalnya 1080 x 720p, buat foto seukuran tersebut. Baru di import ke Sony Vegas. Gunakan kompressi 100% supaya foto lebih terang & tidak mengalami penuruan kualitas. Simpan foto master yg tidak di kompresi, jika diharapkan untuk Final video sanggup di impor ulang. 
  • Gunakan storage ibarat SSD yg lebih cepat, sanggup mengurangi kelambatan saat melsayakan preview di video editing.
adapted from http://obengplus.com/

Subscribe to receive free email updates: