Pencak Silat Yang Paling Di Segani

1.TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH (TS)

PERGURUAN TAPAK SUCI berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertama TAPAK SUCI yaitu H.Djarnawi Hadikusumo.
Setelah berdiri TAPAK SUCI mendapatkan seruan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis TAPAK SUCI menjadi wadah silaturahmi para hero yg berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, TAPAK SUCI diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah. Nama perguruan tinggi menjadi TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH, disingkat TAPAK SUCI.
Terdapat 8 (delapan) jurus di dalam TAPAK SUCI, 

yaitu:
1. Jurus Katak
2. Jurus Mawar
3. Jurus Lembu
4. Jurus Merpati
5. Jurus Harimau
6. Jurus Ikan Terbang
7. Jurus Naga
 8. Jurus Rajawali

2.PERSAUDARAAN SETIA HATI (SH)

Bagi menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yg dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau & putih kecil. Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.
Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga menunjukkan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa.



Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yg dianggap sebagai warga atau saudara SH yaitu apabila ia telah melsayakan pengukuhan yg dikecer oleh Dewan Pengesahan. Dewan pengukuhan ini termasuk saudara SH yg terbaik dari yg terbaik yg dipilih melalui musyawarah saudara-saudara SH. Proses kecer tersebut berlangsung pada bulan Syura. Adapun sarat yg harus disediakan dalam pengeceran antara lain: Ayam jago, mori, pisang, sirih, & lain sebagainya sarat-sarat yg telah ditentukan.
Dalam proses pengeceran ini, kandidat diberi pengisian & gemblengan jasmani & rohani & ilmu ke-SH-an serta petuah-petuah, petunjuk-petunjuk secara mendalam & luas. Saudara SH yg gres disahkan tersebut, dalam tingkatan ilmu disebut sebagai saudara tingkat I (erste trap). Pada Persaudaraan Setia Hati Terate juga dibagi dalam tiga jenis tingkatan saudara yaitu saudara SH Tingkat I (ester trap), Tingkat II (twede trap), tingkat III (derde trap).
Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yg merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yg sanggup diperoleh pada tingkatan twede trap & derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yg berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), & Minangkabau.
Kha&g SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia & di beberapa negara menyerupai Belkamu, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam. Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267
suasana djaman doeloe


3.SILAT NASIONAL PERISAI DIRI (PD)

teknik silat Indonesia yg diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yg pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara & mempelajari aliran kungfu siauw liem sie (shaolin) selama 13 tahun. Teknik mudah & efektif berdasar pada elakan yg sulit ditangkap & serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yg paling dikenal & banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang & Amerika Serikat.

Teknik Kombinasi merupakan teknik-teknik di silat Perisai Diri yg berasal dari perguruan-perguruan silat di seluruh Indonesia yg mencakup 156 aliran. Rangkuman teknik silat tersebut kemudian dipilah & dikelompokkan sesuai dengan abjad dari masing-masing aliran. Teknik Kombinasi diantaranya yaitu Cimande, Betawen, Bawean & Jawa Timuran. Di samping itu ada juga Teknik Minangkabau yg diambil dari teknik pencak silat tanah Minang yg dilengkapi dengan beberapa teknik lain.
Teknik Asli dalam silat Perisai Diri sebagian besar digali dari aliran Siauw Liem Sie (Shaolinshi). Dengan kreativitas Pak Dirdjo, yg menyerupai hanyalah perilaku awalnya saja, se&gkan gerakan maupun implementasinya sudah dijiwai oleh abjad pencak silat Indonesia. Hal ini yg menyebabkan ilmu silat Perisai Diri mempunyai sifat unik, tidak ada kemiripan dengan silat yg lain.
Disebut Asli alasannya yaitu mempunyai frame tersendiri, bukan merupakan kombinasi dari beberapa aliran silat.
Teknik Asli dalam silat Perisai Diri diantaranya yaitu :
1. Burung Meliwis
2. Burung Kuntul
3. Burung Garuda
4. Harimau
5. Naga
6. Satria
7. Pendeta
8. Putri
Disamping itu dikenal juga teknik yg hampir dimiliki semua aliran pencak silat yaitu, Teknik Minangkabau


4.PENCAK ORGANISASI (PO)


SEJARAH BERDIRINYA PENCAK ORGANISASI (PO) Pencak Organisasi atau PO berdiri di Kota Lumajang, pada tanggal 27 Agustus 1927, Didirikan Oleh seorang Pahlawan yaitu Guru Besar IMAM SUJA'I, Beliau Seorang Pahlawan yg pada masa itu berjuang untuk Bangsa Indonesia. Bapak IMAM SUJA'I mendirikan Perguruan Silat Pencak Organisasi sebagai gerakan yg "Bawah Tanah" yg menentang Penjajahan. Sebelum Beliau mendirikan Perguruan Berikut, dia telah bergabung di Perguruan Silat "Setia Hati Terate", sesudah sekian usang bergabung, kemudian dia membuat suatu Perguruan Bela Diri (silat) Pencak Organisasi, Sehingga Beberapa Jurus-jurus PO Mirip dengan SHT, namun tidak sama, Beliau Telah Memodifikasi & berbagi jurus-jurus SHT dengan Pikiran Beliau. Pada Waktu itu dia & Murid-muridnya mengadakan gerakan bawah tanah untuk menentang penjajahan & dia gugur di me& perang sehingga di Lumajang terdapat nama jalan IMAM SUJA'I sebagai tkamu penghargaan & peringatan untuk Beliau sebagai BUNGA BANGSA. PENCAK ORGANISASI MENEMBUS DUNIA Sekarang PO telah berkembang dimana-mana & telah meraih prestasi yg membanggakan BANGSA INDONESIA, dengan Pesilat-pesilat yg BerKualitas, PO telah mengharumkan nama bangsa, Sebagai Contoh Menangnya Pesilat-Pesilat PO yg mewakili BANGSA INDONESIA di SEA GAMES Chiang Mai THAILAND. Pesilat PO Berhasil dalam cabang SILAT SENI BELA DIRI yg menampilkan Seni itu Sendiri.


4.TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH (TS)

PERGURUAN TAPAK SUCI berdiri pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Ketua Umum pertama TAPAK SUCI yaitu H.Djarnawi Hadikusumo.
Setelah berdiri TAPAK SUCI mendapatkan seruan untuk membuka cabang di daerah-daerah. Secara otomatis TAPAK SUCI menjadi wadah silaturahmi para hero yg berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964, ketika itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah diketuai oleh KH.Ahmad Badawi, TAPAK SUCI diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah. Nama perguruan tinggi menjadi TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH, disingkat TAPAK SUCI.
Terdapat 8 (delapan) jurus di dalam TAPAK SUCI, yaitu:

1. Jurus Katak
2. Jurus Mawar
3. Jurus Lembu
4. Jurus Merpati
5. Jurus Harimau
6. Jurus Ikan Terbang
7. Jurus Naga
8. Jurus Rajawali


5.PENCAK SILAT CIMANDE

Pola dasar Cimande
(kutipan singkat dari Gema Pencak Silat Vol. 3, no. 1:20-22)
Cimande pada mulanya memakai teknik perkelaian dengan jarak jauh, yaitu pesilat mengambil jarak jangkau selepas kaki, jarak ini dimungkinkan untuk sanggup gampang menghindari serangan lawan. Jarak ini menjadi jarak lebih banyak didominasi untuk serang balik.
Setiap pesilat dalam melsayakan serangan harus memperhatikan perilaku kaki atau kuda-kuda yg bertujuan untuk menjaga jarak lawan. Kuda-kuda pipih yg dipakai sanggup dengan gampang dipindah-pindah, & sanggup diubah-ubah dalam kecepatan & frekuensi tinggi. Karena dipastikan lawan akan menunjukkan serangan jarak dalam bentuk pukulan atau ten&gan cepat & tinggi, untuk mengatasinya maka diharapkan jurus semoga pesilat sanggup mengimbanginya.
Secara garis besar Comande dibagi dibagi dalam tatanan yaitu: Kelid Cimande, Pepe&gan Cimande & Tepak Selancar. Kelid & Pepe&gan merupakan jurus beladiri, se&gkan Tepak Selancar Jurus Seni (dengan iringan musik gen&g pencak).

     1. Jurus Kelid Cimande
Jurus ini yaitu jurus inti yg bertujuan menangkis serangan lawan dengan berusaha merobohkannya. Kelid artinya menangkis serangan lawan sambil berusaha merobohkannya.
Jurus ini berjumlah 33 jurus yaitu:
1.tonjok bareng,
2.tonjok saubelah,
3.kelid selup,
4.timpah seubelah,
5.timpah serong ,
6.timpah duakali,
7.batekan,
8.teke tampa,
9.teke purilit
10.tewekan,
11.kedutan,
12.guaran,
13.kedut guar
14.kelid dibeulah
15.selup dibeulah,
16,kelid tonjok
17.selop tonjok
18.kelid tilu,
19.selup tilu
20.kelid lima
21.selup lima
22 peuncitan,
23.timpah bohong
24.serong panggul,
25.serong guwil,
26.serong guar,
27.singgul serong,
28.singgul sebelah,
29.sabet pe&g,
30.beulit kacang,
31.beulit jalak pengkor
32.pakala alit
33.pakala gede

Apabila diperhatikan jurus kelid ini nampaknya tertumpu pada ketangguhan tangan sebagai inti kekuatan, seperti:
Tonjok : bentuk tangan mengepal
Teke : memakai ruas jari tangan
Tewekan : bentuk tangan pipih menusuk
Kedutan : memakai telapak tangan
Guaran : memakai sisi tangan bab luar aupun dalam
Singgulan : memakai pangkal tangan
Secara keseluruhan gerakan jurus kelid terlihat agak unik dari gerakan silat lainnya yg pada biasanya keuatan serangan bertumpu kepada kaki menyerupai silat Minangkabau.
Bagi melatihnya:
Biasanya dilsayakan dengan duduk ditempat, sepasang duduk saling berhadapan salah satu kaki dilipat & lainnya dilonjorkan kedepan demikian pula pasangannya dengan posisi sebaliknya. Pasangan itu melsayakan serang bela dalam posisi duduk .
Tujuan latihan ini untuk melatih daya emajinasi seseorang untuk memilih kuda-kuda yg sempurna ketika jurus-jurus tersebut dilsayakan dengan posisi berdiri. Dengan dikuasainya gerakan tangan tentunya secara otumatis sanggup dengan gampang memakai kuda-kuda & serang bela.

    2. Jurus pepe&gan Cimande
Jurus ini bertumpu kesigapan kaki & teknik serangan senjata golok. Dalam latihan dipakai senjata dari bambu sebagai pengganti senjata yg sesungguhnya.
Jurus pepe&gan ini berjumlah 1 rangkaian jurus yaitu elakan sebeulah - selup kuriling - jagangan - tagongan - piceunan - balungbang- balumbang - sabeulah - opat likur - buang dua kali - selup kuriling eksklusif - selop bohong.

     3. Jurus Tepak Selancar
Jurus ini hanya disajikan sebagai keindahan gerak alasannya yaitu jurus jurusnya mempunyai unsur keindahan & setiap penampilannya harus diiringi musik gen&g pencak yg terdiri dari dua gen&g besar(indung) & dua gen&g kecil(kulantir) yg berperan sebagai pengiring gerakan & mengatur tempo lagu. Terompet sebagai melody lagu & gong kecil (kempul) atau bende dalam penampilannya gerakan pencak selalu ditikberatkan dengan iringan gen&g.
Pakem musik yg sudah bsaya ialah: tepak dua, tepak dungdung , palere&, golempang & tepak tilu.

6.MERPATI PUTIH

Merpati Putih merupakan pencak silat yg berkembang dari tradisi Jawa semenjak tahun 1550. Didirikan tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta. Aliran ini mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri & 4 cabang luar negeri, dengan jumlah kelompok latihan yg sangat banyak & lulusan di seluruh Indonesia yg mencapai jutaan. Pencak silat ini dikenal juga dengan nama "Beladiri Tangan Kosong" (Betako).





7.PAGAR NUSA

Nama lengkap organisasi ini yaitu Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa disingkat IPSNU Pagar Nusa. Se&gkan Pagar Nusa sendiri merupakan singkatan dari Pagar NU & Bangsa.
IPSNU Pagar Nusa yaitu satu - satunya wadah yg sah bagi organisasi pancak silat di lingkungan Nahdlatul Ulama’ menurut keputusan Muktamar.
Organisasi ini berstatus forum milik Nahdlatul Ulama’ yg penyelenggaraan & pertanggungjawabannya sama sebagaimana forum - forum NU lainnya.
Status resmi kelembagaan inilah yg menyebabkan Pagar Nusa wajib dilestarikan & dikembangkan oleh seluruh warga NU dengan mengecualikan pencak silat atau beladiri lainnya.Segala aktivitas yg bekerjasama dengan pencak silat & beladiri dengan segenap aspeknya dari fisik hingga mental, dari pendidikan hingga sistem pengamanan & lain - lain merupakan bi&g garapan bagi forum ini.





8. IKSPI KERA SAKTI

 Perguruan IKS PI Kera Sakti yg berpusat di Madiun Jawa Timur ini merupakan perguruan tinggi beladiri beraliran kung fu untuk gerakan beladirinya tetapi untuk kerohaniannya lebih cenderung ke Banten & ulama Jawa. Berdiri pada tanggal 15 Januari 1980 di Jl. Merpati No. 45, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kodya Madiun oleh bapak R Totong Kiemdarto dengan gerakan beladiri kung fu aliran utara & selatan yg dipelajarinya dari hero aliran kung fu China yg ada di Indonesia.
Adapun nama dari perguruan tinggi ini semula adalah
IKS PI (Ikatan Keluarga Silat “Putra Indonesia) tetapi ketika perguruan tinggi mulai berkembang diberi nama embel-embel “Kera Sakti” dibelakangnya. Hal ini yaitu alasannya yaitu masyarakat maupun murid-murid perguruan tinggi ini lebih mengenal nama jurus perguruan tinggi yaitu teknik jurus keranya daripada nama orisinil perguruan. Bagi itu selanjutnya dalam memudahkan pencarian identitas perguruan tinggi sekaligus secara tidak eksklusif menambah wibawa nama perguruan tinggi maka disebutlah IKS PI Kera Sakti.

Bapak Totong Kiemdarto lahir pada tanggal 20 Oktober 1953 di Madiun. Sebagai pendiri sekaligus guru besarnya, ia mengajarkan pelajaran silat monyet & kerohanian untuk memantapkan fisik & iman siswa & siswi yg selaras dengan tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan insan Indonesia seutuhnya, yg sehat lahir maupun batin & berjiwa pancasila.

Pada mulanya perguruan tinggi ini hanya dikenal di lingkungan masyarakat desa Nambangan Lor saja tetapi pada sekitar 1983 beberapa murid angkatan I & II mulaimengembangkan aliran perguruan tinggi di beberapa tempat, yaitu SMAN 3 Madiun, Lanuma Iswahyudi & Dempel. Baru kemudian menyusul berkembang ditempat lain yg tidak saja di wilayah eks Karesidenan Madiun tetapi juga diluar Madiun.

Didalam metode latihan IKS PI Kera Sakti terdapat 5 tahapan penting untuk mencapai tingkatan tertinggi,yaitu:

Tingkat dasar I sabuk hitam dengan usang latihan 6 bulan;
Tingkat dasar II sabuk kuning sengan usang latihan 6 bulan;
Warga tingkat I sabuk biru dengan lana latihan 1 tahun;
Warga tingkat II sabuk merah;
Warga tingkat III sabuk merah strip emas.

9.PERSINAS ASAD

Perguruan Silat Nasional ASAD berasaskan Pancasila & Undang-Undang Dasar 1945 & bermaksud menghimpun seluruh potensi bangsa yg mempunyai persamaan cita-cita, wawasan & tujuan dalam melestarikan budaya bangsa, khususnya ilmu seni bela diri pencak silat nasional yg bersumber pada aliran Silat Cimande, Kunto, Cikaret, Singa Mogok, Nagan, Cikalong, Syahbkamur, Garuda Mas, Sabeni, & Tangkap Menangkap (TM).
Bahwa dengan melestarikan ilmu & seni bela diri pencak silat, berarti melestarikan budaya bangsa, yg merupakan upaya meningkatkan kualitas mental & fisik bangsa Indonesia, guna mempercepat terwujudnya Tujuan Nasional, dengan motto “Ampuh Sehat Aman Damai”.
Persinas Asad PengCab Jakarta Pusat merupakan salah satu cabang perguruan tinggi besar Indonesia Persinas Asad yg mewadahi pecinta silat untuk membumikan silat di bumi Nusantara. Bertempat di Padepokan Al-Muflihun Jakarta latihan diselenggarakan setiap selasa & Jum’at malam, terbuka untuk umum baik anak-anak, remaja, cukup umur & orang tua. Dengan moto “Pencak Silat is my life” Persinas Asad JakPus mencoba membangkitkan semangat generasi silat untuk & melestarikan pencak silat nasional sebagai identitas bangsa sejati disiplin & santun dalam bermasyarakat.berkarakter bangsa, membela kebenaran, & saling tolong menolong sesama umat insan serta membumihanguskan Narkoba di bumi Nusantara.





Subscribe to receive free email updates: