Jenis Macam Cara Seni Bela Diri Yang Ada Di Dunia

http://tipslalucaramu.blogspot.co.id/Jenis macam cara seni bela diri yg ada di dunia


1. Jeet Kune Do
 JEET KUNE DO merupakan kreasil Bruce Lee dari perjalanaan panjangnya dalam dunia bela diri .[rujukan?] Dia tidak hanya berguru kung fu wingcun, tapi juga berguru tinju anggar, karate, arnis, jiu jit su, judo, serta pentjak silat dari indonesia. Dari banyak sekali macam beladiri tersebut kemudian dipadukan & disederhanakan sehingga terbentuklah sebuah seni beladiri yg mudah & gampang di kuasai seseorang yg mau berguru dengan tekun. JKD merupakan seni beladiri yg mengutamakan aksara & kemampuan diri sendiri, jadi setiap praktisi JKD diperlukan untuk menjadi dirinya sendiri. Tiada misteri dalam jeet kune do alasannya yakni gerakanya sangat gampang dipahami sederhana ,langsung, & tidak klasik. Kaprikornus bila ada yg menyerangmu, pukul saja. jangan ikuti gerakan canggih yg tak perlu.

 2. Silat

Pencak silat atau silat yakni suatu seni bela diri tradisional yg berasal dari Nusantara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, & Singapura, Filipina selatan, & Thailand selatan sesuai dengan penyebaran suku bangsa Melayu Nusantara. Pencak silat yakni olahraga bela diri yg memerlukan banyak konsentrasi. Ada efek budaya Cina, agama Hindu, Budha, & Islam dalam pencak silat. Biasanya setiap tempat di Indonesia memiliki aliran pencak silat yg khas. istilah silat dikenal secara luas di Asia Tenggara, akan tetapi khusus di Indonesia istilah yg dipakai yakni pencak silat. Istilah ini dipakai semenjak 1948 untuk mempersatukan banyak sekali aliran seni bela diri tradisional yg berkembang di Indonesia. Nama "pencak" dipakai di Jawa, se&gkan "silat" dipakai di Sumatera, Semenanjung Malaya & Kalimantan. Dalam perkembangannya kini istilah "pencak" lebih mengedepankan unsur seni & penampilan keindahan gerakan, se&gkan "silat" yakni inti aliran bela diri dalam pertarungan.

3.Karate

Karate yakni seni bela diri yg berasal dari Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Seni bela diri ini pertama kali disebut “Tote yg berarti mirip Tangan China. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada ketika itu se&g tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi karate (Tangan Kosong) semoga lebih gampang diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama yakni Kara?? & berarti kosong. Dan yg kedua, te??, berarti tangan’. Yang dua kanji bersama artinya tangan kosong??? (pinyin: kongshou).
Menurut Zen-Nippon Karatedo Renmei/Japan Karatedo Federation (JKF) &World Karatedo Federation (WKF), yg dianggap sebagai gaya karate yg utama yaitu:

1. Shotokan
2. Goju-Ryu
3. Shito-Ryu
4. Wado-Ryu
Keempat aliran tersebut disayai sebagai gaya Karate yg utama alasannya yakni turut serta dalam pembentukan JKF & WKF.
Namun gaya karate yg terkemuka di dunia bukan hanya empat gaya di atas itu saja. Beberapa aliran besar mirip Kyokushin , Shorin-ryu & Uechi-ryu tersebar luas ke banyak sekali negara di dunia & dikenal sebagai aliran Karate yg termasyhur, walaupun tidak termasuk dalam “4 besar WKF”.
Di negara Jepang, organisasi yg mewadahi olahraga Karate seluruh Jepang yakni JKF. Adapun organisasi yg mewadahi Karate seluruh dunia yakni WKF (dulu dikenal dengan nama WUKO - World Union of Karatedo Organizations). Ada pula ITKF (International Traditional Karate Federation) yg mewadahi karate tradisional. Adapun fungsi dari JKF & WKF yakni terutama untuk meneguhkan Karate yg bersifat “tanpa kontak langsung”, berbeda dengan aliran Kyokushin atau Daidojuku yg “kontak langsung”.
Latihan dasar karate terbagi tiga mirip berikut:

1. Kihon, yaitu latihan teknik-teknik dasar karate mirip teknik memukul, menen&g & menangkis.
2. Kata, yaitu latihan jurus atau bunga karate.
3. Kumite, yaitu latihan tanding atau sparring.
Pada zaman kini karate juga sanggup dibagi menjadi aliran tradisional & aliran olah raga. Aliran tradisional lebih menekankan aspek bela diri & teknik tempur sementara aliran olah raga lebih menumpukan teknik-teknik untuk pertandingan olah raga.

4.Aikido

Pada umumnya Aikido tidak memakai ten&gan kaki, tapi dalam hal-hal yg sangat khusus, teknik kaki (ashi waza), juga diajarkan. Berikutpun dengan catatan pada Aikidoka tingkat Dan keatas. Di Indonesia, ashi waza nyaris tidak diadakan.

Aikido cocok untuk perkelahian ruangan sempit maupun melawan beberapa penyerang (multiple attacker), & sanggup dipelajari oleh laki-laki & perempuan segala umur. Bagi belum dewasa minimal 10 tahun.

* Teknik-teknik (waza) Aikido bergotong-royong tergolong sederhana. Ada 2 (dua) hal pokok, yaitu

* Nage waza (melempar/membanting/proyeksi) &

* Kihon waza (termasuk teknik kuncian/immobilisasi)

* Di dalam Dojo, Aikido memakai 4 (empat) contoh dasar latihan, yaitu

* Tachi waza (teknik bangun melawan berdiri),

* Suwari waza (teknik duduk melawan duduk),

* Hanmi hkamuchi (teknik duduk melawan berdiri), &

* Kaeshi waza (melsayakan teknik dengan membuka serangan sebagai pancingan).

Dalam pelatihan, Aikido lebih mengutamakan keadaan ba& yg rileks, mengendur. Dalam pengertian rileks sangat berbeda dengan lembek. Rileks, yakni energi yg terpusat & terkontrol. Jadi, mempelajari Aikido yakni membiasakan kondisi ba& selalu dalam keadaan rileks. Ba& & otot-ototnya yg sudah terkondisi dalam keadaan mengendur rileks ini akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi mirip ini akan menghasilkan suasana psikologi yg positif. Pikiran & ba& akan dalam keadaan rileks & sadar

5. Taekwondo

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) yakni olahraga bela diri asal Korea yg juga terkenal di Indonesia, olah raga ini juga merupakan olahraga nasional Korea. Berikut yakni seni bela diri yg paling banyak dimainkan di dunia & juga dipertandingkan di Olimpiade. Dalam bahasa Korea, hanja untuk Tae berarti "menen&g atau menghancurkan dengan kaki"; Kwon berarti "tinju"; & Do berarti "jalan" atau "seni". Jadi, Taekwondo sanggup diterjemahkan dengan bebas sebagai "seni tangan & kaki" atau "jalan" atau "cara kaki & kepalan". Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam banyak sekali bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo yakni adonan dari teknik perkelahian, bela diri, olahraga, olah tubuh, hiburan, & filsafat.

6. Kungfu Shaolin

seorang pendeta Budha bangsa India yg tiba ke Tiongkok sekitar tahun 505 - 556 AD. P'u-t'i Tamo menetap di kuil Siauw Liem, membuatkan aliran Buddha Ch'an (Zen). ialah seorang pertama yg membuatkan ilmu beladiri kungfu shaolin

7. Ninjutsu

yakni Seni bela diri, strategi, & taktik di me& perang & gerilya yg dilsayakan oleh shinobi (juga disebut diluat Jepang sebagai Ninja). Ninja Wanita disebut Kunoichi. Saat ini ada beberapa gaya modern dari seni bela diri ini, berdasarkan Koryu.com, tidak semua variasi tersebut bekerjasama dengan sejarah ninjutsu di Jepang yg dulu disebut dengan koryū.

8. Wushu

Secara harafiah berarti "seni bertempur/bela diri". Berikut merupakan istilah yg lebih benar dibanding dengan istilah yg lebih terkenal tapi salah penggunaannya kung fu, yg berarti "ahli" dalam bi&g tertentu, tidak hanya terbatas dalam bela diri. Semua kategori Seni bela diri China yg tradisional, keras & lembut sanggup disebut Wushu. Wushu keras termasuk tinju selatan Nanquan & tinju panjang Changquan. Wushu lembut termasuk tinju Taiji, Telapak Bagua, & tinju Hsing Yi. Adapun seni beladiri Wushu yg telah dikembangkan oleh etnis China yg menetap di wilayah Asia Tenggara (terutama Indonesia) seringkali disebut dengan istilah Kuntao.

 9. Capoera

Capoeira merupakan sebuah olah raga bela diri yg dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira mirip tarian & bertitik berat pada ten&gan. Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik & disebut Jogo. Capoeira sering dikritik alasannya yakni banyak orang mewaspadai keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibanding seni bela diri lainnya mirip Karate atau Taekwondo.

 10. Muay Thai

Muay Thai atau Tinju Thai yakni seni bela diri keras dari Kerajaan Thai. Kata Muay berasal dari bahasa Sanskerta "mavya" ("tinju bela diri") & Thai berasal dari kata "Tai" ("suku Thai"). Muay Thai disebut sebagai "Seni Delapan Tungkai" atau "Ilmu Delapan Tungkai" alasannya yakni tehniknya sangat sarat memakai pukulan, ten&gan, siku & serangan lutut, sehingga penggunaan delapan "titik kontak", yg berbeda dengan tehnik "dua poin" (tinju) di tinju gaya Barat & "empat poin" (tangan & kaki) yg dipakai dalam seni bela diri yg berorientasi olahraga.

11. Vovinam

Vovinam merupakan beladiri yg berasal dari Vietnam & berkembang semenjak tahun 1960-an sampai sekarang. Olahraga ini dikenal secara internasional melalui diaspora orang-orang Vietnam di Prancis & Amerika. Secara umum vovinam sangat identik dengan seni beladiri Asia lainnya mirip wushu, karate, pencak silat ataupun taekwondo. Sebagaimana halnya dengan pencak silat sekarang, vovinam juga menjadi salah satu cabang olahraga yg dipertandingkan pada ajang SEA Games XXVI 2011.

 12. Kalari payat


Kalari payat di sebut-sebut sebagai beladiri tertua di dunia & merupakan nenek moyg dari banyak sekali beladiri di dunia. Para Kalari (orang yg berguru kalari payat) diperlsayakan sebagai bait belajar. Usia-tua tradisi & budpekerti istiadat masih dipraktekkan di dalam Kalari tersebut. Sistem Gurukkal terdiri dari latihan fisik ketat selain pembinaan dalam disiplin diri.

Subscribe to receive free email updates: