Khasiat Dan Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

 Bunga Kamboja merupakan merupakan salah satu jenis tanaman hias yg cukup terkenal di Ind Khasiat & Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan
- Bunga Kamboja merupakan merupakan salah satu jenis tanaman hias yg cukup terkenal di Indonesia. Apabila ditelusuri dari namanya,ternyata bunga kamboja ini tidak mempunyai korelasi sama sekali dengan negara Kamboja alasannya ialah bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah yg mencakup Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, & Mexico & Afrika. Lalu semenjak kapan keberadaannya di Indonesia?. Hingga ketika ini belum diketahui kapan tepatnya bunga ini masuk ke Indonesia. Namun, bunga kamboja diperkirakan pertama kali dibawa ke Indonesia oleh bangsa Portugis & Belkamu yg mana keduanya merupakan bangsa yg peduli terhadap lingkungan & sangat menyukai alam tropis.

Okeh sebelum kita lanjut ke bahasan kita yg sesunggguhnya mengenai Khasiat & Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan.Kita akan lebih mengenal dulu menyerupai apakah bunga kamboja ini sesungguhnya.

Mengenal Bunga Kamboja
Seperti telah disebutkan diatas bunga kamboja berasal dari daratan amerika & afrika,namun ada satu spesies yg diperkirakan kamboja orisinil Indonesia yaitu bunga kamboja yg berwarna putih dengan bab dalam berwarna kuning di mana kuntumnya tidak terbuka penuh serta berukuran kecil.Secara umum morfologi bunga kamboja mempunyai batang berkayu keras, tinggi mencapai 6 meter, percabangannya banyak, batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok & bergetah. Daun : daun hijau, berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing & agak keras dengan urat-urat daun yg menonjol, sering rontok terutama ketika berbunga lebat, Bunga: Bunganya berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai, daun bunga berjumlah 5 buah, berbunga sepanjang tahun. Syarat Tumbuh : Tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian tanah 700 meter di atas permukaan laut, tumbuh subur hampir di semua tempat & tidak menentukan iklim tertentu untuk berkembang biaknya.

Kamboja termasuk tanaman hias yg ditanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Kamboja mempunyai beberapa jenis, ada yg kerdil ada juga yg besar yg dapat mencapai tinggi beberapa meter. Kamboja yg besar biasa kita temukan di area pemakaman.

Selain ukuran pohonnya, jenis pohon kamboja juga dapat dibedakan dari daunnya. Ada pohon kamboja yg daunnya lebar dengan ujung lancip, ada kamboja yg daunnya kecil & lonjong dengan ujung tumpul. Kembang bunga kamboja mempunyai aneka warna, dari mulai putih, kuning, merah & merah muda atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Bunga kamboja juga mempunyai nama yg berbeda di aneka macam tempat diantaranya,Semboja (Jawa), Bunga jebun (Bali); Samoja, Kamoja,Samboja (Sunda), Bunga lomilate (Gorontalo); Campaka molja/bsayal (Madura), Pkamum (Minangkabau); Karasuti, Kolosusu, Tintis (Minahasa), Capaka kubu(Tidore).

Bagian tanaman yg digunakan sebagai obat ialah akar, daun, getah, serta kulit pohonnya. Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk & damar. Kandungan minyak mrnguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farnesol & fenetilalkohol.

Khasiat Bunga Kamboja

Bunga Kamboja mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan terutamaa untuk pengobatan tradisional aneka macam penyakit menyerupai bisul,puru (prambusia),Kencing nanah (gonorrhea),bengkak,gigi berlubang,kutil,menghilangkan tahi lalat.Contoh cara penggunaannya menyerupai dibawah ini!

Mengobati Bisul
Bagi mengobati bisul dengan bunga kamboja, dapat dilsayakan dengan memakai daun kamboja & minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan & diolesi dengan minyak kelapa, lalu ditempelkan pada bab badan yg ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yg lain.

Cara lainya dengan memakai getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja eksklusif dari pohonnya & dioleskan pada bab badan yg ditumbuhi bisul.

Mengatasi Bengkak
Cara mengobati bab badan yg bisul ialah dengan kulit pohon kamboja. Caranya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja lalu ditumbuk hingga halus. Rebus dengan setengah 4 gelas air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk merendam bab badan yg bisul jikalau memungkinkan. Apabila tidak, gunakan untuk mengompres.

Khasiat Kamboja untuk mengobati Patek, Puru (Frambusia)
Caranya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, lalu ditumbuk halus & direbus dengan 1 cerek air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi & menggosok bab badan yg luka.

Mengobati Kencing Nanah (Gonorrhea) dengan akar bunga kamboja
Caranya basuh higienis 1 potong akar pohon kamboja, kemduian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih & tersisa 1 gelas. Air ramuan tersebut diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir.

Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Bagi mengobati sait gigi akhir gigi berlubang, caranya mudah. Ambil getah pohon kamboja memakai kapas, lalu kapas tersebut digunakan untuk mencocok gigi yg berlubang.

Menghilangkan Tahi Lalat
Tahi lalat dapat menambah kecantikan wajah seseorang, namun terka&g tahi lalat yng ada pada bab badan yg tidak diinginkan menciptakan si empunya merasa tidak nyaman. Bagi kau yg ingin menghilangkan thi lalat dapat dengan memakai getah pohon kamboja. Caranya, ambil getah kamboja memakai kapas, lalu tempelkan pada tahi lalat. Lsayakan secara rutin hingga tahi lalat hilang dengan sendirinya.

Getah Pohon Kamboja untuk Menghilangkan kutil
Kutil perupakan penyakit kulit yg sangat mengganggu.Apalagi jikalau a&ya pada anggota badan yg sangat penting terutama untuk penampilan.Bagi menghilangkannya caranya sama dengan menghilangkan tahi lalat, yaitu memakai getah kamboja. Namun harus waspada lantaran getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan hingga terkena bab badan yg yg lain.

Nah itulah ulasan mengenai Khasiat & Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan yg dapat aku sampaikan kali ini.semoga bermanfaat!!!!!

Subscribe to receive free email updates: