Khasiat Dan Khasiat Ciplukan Bagi Kesehatan

 Kali Berikut Info kesehatan akan membahas manfaat & khasiat ciplukan untuk kesehatan Khasiat Dan Khasiat Ciplukan Bagi Kesehatan
- Kali Berikut Info kesehatan akan membahas manfaat & khasiat ciplukan untuk kesehatan. Kalau berbicara problem ciplukan aku jadi teringat waktu kecil dulu.Waktu kecil aku sangat suka dengan buah ciplukan alasannya bentuk buahnya & rasanya yg bagus walaupun sedikit ada asam asamnya."yah jadi curhat deh".. :)

Okeh daripada malah curhat,lebih baik  sekarang kita kenali & kita pelajari ibarat apa tanaman/tumbuhan ciplukan juga manfaat & khasiatnya untuk kesehatan & pengobatan.

Mengenal Tumbuhan Ciplukan

Ciplukan/ceplukan atau tumbuhan yg mempunyai nama ilmiah Physalis peruviana merupakan tumbuhan liar berupa semak /perdu.Pohonya pendek,paling tinggi sekitar 1 meteran & sanggup hidup hingga satu tahun.Tumbuhan ini tumbuh dengan subur di dataran rendah hingga ketinggian 1550 meter diatas permukaan laut. Ciplukan biasa ditemukan atau tumbuh subur di kebun,pekarangan,tegalan,sawah yg mengering,tepi jalan, tepi hutan & bagian-bagian hutan yg terbuka disinari terik matahari.

Secara Morfologis Ciplukan mempunyai batang yg berusuk (=angulata) bersegi tajam & berongga. Daun berbentuk bulat telur memanjang berujung runcing.

Bunga di ketiak, dengan tangkai yg tegak, keunguan, & dengan ujung yg mengangguk. Kelopak menyebarkan lima, dengan taju yg bersudut tiga & meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima &gkal, kuning muda dengan noda kuning renta & kecoklatan di leher belahan dalam, 7–9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Buah dalam bungkus kelopak yg menggelembung berbentuk telur hijau muda kekuningan, buah yg masak kekuningan bagus sedikit asam & disukai anak-anak.

Nama lain dari ciplukan diantaranya Ceplukan,cimplukan (Jawa);cecenet, Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram); Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak); Leletokan (Minahasa),Morel berry (Inggris)

Kandungan Kimia Ciplukan

Buah Ciplukan mengandung senyawa kimia asam sitrun & fisalin. Selain itu buah Ciplukan juga mengandung Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C & Gula.karena kandungan kimianya inilah ciplukan sanggup dipakai untuk mengobati aneka macam penyakit,seperti :Diabetes melitus, Sakit paru-paru, Ayan (epilepsi), Borok;

Khasiat Dan Khasiat Ciplukan Bagi Kesehatan & Cara Pemanfaatanya

Ciplukan Bagi Mengobati Diabetes Mellitus


Bagi mengobati diabetes mellitus dengan memanfaatkan ciplukan cukup dengan cara,tumbuhan ciplukan yg sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya & dibersihkan.
Cara menciptakan ramuannya: Tumbuhan ciplukan tadi dilayukan/dijemur lalu direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tingga 1 gelas, lalu disaring
Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari.

Mengobati Sakit paru-paru

Caranya tumbuhan ambil ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga & buahnya.kemudian direbus dengan 3-5 gelas air hingga mendidih,lau didinginkan & disaring.
Cara menggunakan:minum air rebusan tersebut 3 kali sehari 1 gelas.

Ciplukan untuk mengobati Ayan
Bagi mengobati ayan dengan ciplukan caranya sangatlah gampang makanlah 21 buah ciplukan yg sudah masak.lsayakan setiap hari.bisa juga dengan meminum air rebusan daun ciplukan 3 kali sehari

Bagi Mengobati Borok
Bahan: Ambil Satu genggam daun ciplukan
Cara membuat: Daun Ciplukan ditumbuk hingga halus/dilumatkan
Cara menggunakan: Ditempelkan pada belahan yg sakit.

Mengatasi & meredakan gangguan Kelenjar getah bening

Bagi mengatasi kelenjar getah bening caranya cukup dengan rajin meminum air rebusan daun ciplukan

Khasiat lainya dari Ciplukan ialah untuk mengobati flu,ra&g tenggorokan,batuk rejan(pertusis) dengan cara meminum air rebusan daun ciplukan

Nah itulah beberapa Khasiat Dan Khasiat Ciplukan Bagi Kesehatan.Semoga dengan dengan kita mengetahui manfaat & khasiat Ciplukan ini kita sanggup mengambil hikmah &tidak meman&g sebelah mata terhadap tumbuhan atau tumbuhan liar disekitar kita.Karena sanggup jadi apa yg kita pan&g sebelah mata itu sanggup sangat bermanfaat untuk kita

Subscribe to receive free email updates: