Berbagai Khasiat Gamal Untuk Kesehatan, Pertanian, Dan Ternak

 Satu lagi tumbuhan yg mungkin kita pan&g sebelah mata namun  Berbagai Khasiat Gamal untuk Kesehatan, Pertanian, & Ternak
- Satu lagi tumbuhan yg mungkin kita pan&g sebelah mata namun  ternyata  kaya akan manfaat & multi guna untuk kehidupan insan yg akan aku bagikan kali ini yaitu tumbuhan gamal. Di kawasan perdesaan biasanya tumbuhan ini dijadikan pagar hidup di pekarangan ataupun pagar pembatas kebun.daunya biasa digunakan untuk pakan ternak menyerupai kambing, domba,sapi ataupun kerbau.

Kalau dengan nama gamal mungkin banyak dari pembaca yg masih belum kenal dengan tumbuhan ini berikut nama lain dari tumbuhan gamal.
Sliridia, liriksidia, sirida,sirindia (Jawa.); cebreng, kalikiria, kiria (Sunda.); kh’è: no:yz, kh’è: fàlangx (Laos (Sino-Tibetan) bunga Jepun (Malaysia.); kakawate (Filipina); madre de cacao (Portugis); mata raton (Honduras); & gliricidia, Nicaraguan coffee shade (Inggris).Nama Gamal sendiri merupakan singkatan atau kependekan dari ganyg mati alang-alang

Mengenal Tumbuhan Gamal

Gamal (Gliricidia sepium) merupakan nama tumbuhan sejenis perdu dari rumpun polong-polongan.Bagi lebih mengenal tumbuhan gamal ini kita akan pelajari sejarah, ekologi,pemerian & pelestariannnya.Pembahasanya kita cekidot di bawah ini!!

Sejarah Tumbuhan Gamal ke Indonesia

Gamal berasal dari kawasan Amerika Tengah & Brazil. Di kawasan asalnya digunakan sebagai pelindung tumbuhan kakao/coklat & dikenal dengan nama madre cacao. Oleh penjajah Eropa tumbuhan ini dibawa ke benua Asia & ditanam di India & Srilanka sebagai tumbuhan pelindung teh semenjak tahun 1870-an. Gamal masuk ke Indonesia melalui perusahaan perkebunan Belkamu yg tertarik untuk menggunakannya sebagai tumbuhan pelindung di perkebunan teh di Me& pada tahun 1900-an. Namun, gamal hanya belum menyebar & hanya ditemukan di kawasan Me& saja. Pada tahun 1958 gamal ditemukan oleh Bapak R. Soetarjo Martoatmodjo. Dialah yg memberinya nama Gamal yg diambil dari nama cucunya & sama menyerupai nama presiden Mesir Gamal Abdul Nasser. Gamal atau Kemal atau jamal artinya halus. Bapak Soetarjo menafsirkan galam sebagai unta yg sanggup menundukkan sahara di Indonesia, yaitu pa&g alang-alang. Menteri pertanian Indonesia waktu itu Bapak Frans Seda mengartikan galam sebagai Ganyg Mati Alang-alang, alasannya yakni gamal digunakan untuk membasmi alang-alang.

Bapak Soetarjo mempopulerkan tumbuhan gamal ini ke seluruh Indonesia. Sekarang tumbuhan gamal sanggup temui hampir di seluruh Indonesia.

Pemerian/deskripsi gamal

Gamal merupakan tumbuhan Perdu atau pohon kecil, biasanya bercabang banyak, tinggi 2–15m & gemang (besar batang) sanggup mencapai 15–30 cm. Pepagan coklat keabu-abuan hingga keputih-putihan, ka&g kala beralur dalam pada batang yg tua. Menggugurkan daun di demam isu kemarau.

Daun beragam menyirip ganjil, panjang 15–30 cm; ketika muda dengan rambut-rambut halus menyerupai beledu. Anak daun 7–17 (-25) pasang yg terletak berhadapan atau hampir berhadapan, bentuk jorong atau lanset, dengan ujung runcing & pangkal membulat. Helaian anak daun gundul, tipis, hijau di atas & keputih-putihan di sisi bawahnya.

Gamal mempunyai bunga, sehingga sebagian orang menanamnya sebagai flora yg eksotik. Bunga gamal sering Nampak di seluruh pohon, meskipun dalam kondisi daun yg sangat sedikit.Karangan bunga, muncul ketika daun berguguran.
Karangan bunga berupa malai berisi 25-50 kuntum, 5–12 cm panjangnya. Bunga berkelopak 5, hijau terang, dengan mahkota bunga putih ungu & 10 helai benangsari yg berwarna putih. Umumnya bunga muncul di tamat demam isu kemarau, tatkala pohon tak berdaun. Buah polong berbiji 3-8 butir, pipih memanjang, hijau kuning & jadinya coklat kehitaman, memecah ketika masak & kering, melontarkan biji-bijinya hingga cukup jauh dari pohon induknya.

Ekologi & pelestarian

Habitat orisinil tumbuhan gamal yakni hutan gugur daun tropika, di lembah & lereng-lereng bukit, sering di kawasan bekas tebangan & belukar. Pada elevasi 0–1600 m dpl. Tumbuh pada aneka macam habitat & jenis tanah, mulai pasir hingga endapan aluvial di tepi &au, pada curah hujan 600–3500 mm/tahun.

Gamal sanggup diperbanyak dengan vegetatif & generatif(dengan biji), khususnya yg segar (baru), sanggup ditanam tanpa perlsayaan pendahuluan, pribadi di lahan atau di persemaian.

Cara lain ialah dengan menanam stek batangnya, panjang maupun pendek. Stek panjang sepanjang 1–2,5 m & dengan diameter 6–10 cm, diruncingkan kedua ujungnya & digores-gores potongan sebelah bawahnya untuk merangsang tumbuhnya akar. Stek panjang ditanam sedalam lk 50 cm semoga kuat.

Stek pendek 30 – 50 cm panjangnya & diperlsayakan serupa dengan stek panjang. Stek pendek ditanam lebih kurang sepertiganya dalam tanah.

Kandungan Kimia Gamal

Daun-daun gamal mengandung banyak protein & gampang dicernakan, sehingga cocok untuk pakan ternak, khususnya ruminansia(hewan memamah biak) Daun-daun & rantingnya yg hijau juga dimanfaatkan sebagai mulsa atau pupuk hijau untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Daun-daun, biji & kulit batang gamal mengandung zat yg bersifat racun bagi insan & ternak, kecuali ruminansia (hewan pemamah biak). Dalam jumlah kecil, ekstrak bahan-bahan itu digunakan sebagai obat bagi aneka macam penyakit kulit, rematik, sakit kepala, batuk, & luka-luka tertentu. Ramuan bahan-bahan itu digunakan pula sebagai pestisida & rodentisida alami (gliricidia berasal dari bahasa Latin yg berarti kurang lebih racun tikus).Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Gamal

Khasiat Tumbuhan Gamal

Seperti yg aku tulis di awal bahwa tumbuhan gamal ini kaya akan manfaat atau multi guna.Khasiat gamal yg akan kita bahas disini yaitu manfaat gamal dilihat dari sudut pan&g kesehatan,pertanian & untuk ternak.

Khasiat Gamal Bagi Kesehatan

Gamal Bagi mengobati Sakit Kuning (liver)
Daun gamal bisadimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi normal hati. Caranya daun gamalsecukupnya ditumbuk halus kemudian tambahkan air kelapa hijau secukupnya. Saring airnya, & tambahkan dengan madu secukupnya. Air seduhan diminumkan ke penderita sakit kuning, setidaknya 2 kali sehari setiap pagi & sore. lsayakan hal ini secara teratur & buktikan manfaatnya.

Rebusan Akar & daun gamal untuk mengobati Berbagai penyakit
Rebusan daun & akar Gamal sanggup digunakan sebagai obat penyakit reumatik, epilepsi, diuretikum, & gonorrhoea.Air rebusan ini juga sanggup sebagai peluruh dahak atau riak, penyakit batuk, peluru haid, pelancar ASI.
Cara membuatnya ambil akar & daun gamal secukupnya kemudian basuh bersih,kemudian rebus akar & daun gamal tersebut dengan 4 gelas air,sisakan hingga 2 gelas.saring & dinginkan air rebusan akar & daun gamal.Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari satu gelas.agar rasanya tidak terlau pahit sanggup ditambahkan madu ketika meminumnya.

Daun gamal untuk Menghilangkan Flek Wajah.
Daun Gamal sanggup digunakan untuk menghaluskan kulit & menghilangkan flek hitam di wajah. Daun Gamal dicuci higienis & ditumbuk hingga halus. Penggunaanya dioleskan sebagaimana masker ke wajah 10 menit sebelum mandi.

Daun gamal Bagi mengatasi defisiensi vitamin & mineral
Daun gamal juga berguna untuk mengatasi aneka macam keluhan yg diakibatkan alasannya yakni kekurangan vitamin & mineral menyerupai kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering & pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah & gangguan pertumbuhan pada anak).

Khasiat rebusan/seduhan bunga & daun gamal untuk mengobati aneka macam penyakit
Ekstrak (daun & bunga) Gamal sanggup dimanfaatkan untuk mengobati ra&g tenggorokan, flu, & cacingan. Caranya dengan minum air rebusan/seduhan bunga & daun Gamal secara teratur

Gamal Bagi Mengobati Penyakit Kulit
Sejak Dahulu gamal dipercaya sanggup digunakan untuk mengobati penyakit kulit,menghilangkan kutu kulit ataupun jamur kulit.Bagi mendapat manfaat ini kau sanggup memakai akar,kulit batang & daunya.namun yg lebih sering dimanfaatkan biasanya daunya.Caranya daun ditumbuk atau dihaluskan & diberi air secukupnya balurkan pada bab yg sakit diamkan kurang lebih sepuluh menit,kemudian bersihkan

Khasiat gamal Bagi mengobati sakit mata(belekan)
Bagi mengobati sakit mata/belekan sanggup dengan memakai air yg ada pada batang atau akarnya.Caranya pada pagi hari potonglah batang atau akar gamal, buatlah meruncing pada salah satu ujungnya.tunggu hingga keluar airnya & bubuhkan pada mata yg sakit.tidak hanya untuk yg sakit air dari batang & akar gamal ini juga baik untuk membersihkan atau kompres mata alami.

Itulah beberapa manfaat dari tumbuhan gamal untuk kesehatan & pengobatan tradisional

Khasiat gamal Bagi Pertanian

Gamal terutama ditanam sebagai pagar hidup, peneduh tumbuhan (kakao, kopi, teh), atau sebagai rambatan untuk vanili & lada. Perakaran gamal merupakan penambat nitrogen yg baik. Tumbuhan ini berfungsi pula sebagai pengendali pengikisan & gulma terutama alang-alang.

Tumbuhan Gamal termasuk jenis leguminosa. Jenis ini mempunyai bintil akar yg sanggup mengikat Nitrogen dari udara, sehingga berfungsi untuk meningkatkan kandungan Nitrogen dalam tanah. Daun-daun & rantingnya sanggup dibentuk sebagai pupuk hijau untuk kesuburan tanah. Tumbuhan Gamal sanggup sebagai pagar, pencegah erosi, & penguat tanah.

Daun-daun, biji & kulit batang gamal mengandung zat yg bersifat racun bagi insan & ternak, kecuali ruminansia. Dalam jumlah kecil, ekstrak bahan-bahan itu digunakan sebagai obat bagi aneka macam penyakit kulit, rematik, sakit kepala, batuk, & luka-luka tertentu. Ramuan bahan-bahan itu digunakan pula sebagai pestisida & rodentisida alami.

Khasiat gamal untuk Ternak

Daun-daun Gamal gampang dicerna sehingga cocok untuk pakan ternak khususnya ruminansia (sapi, kerbau,kambing & domba). Pakan dari daun-daunan Gamal akan kuat pada berat ba& Domba Ekor Gemuk, kinerja reproduksi & pembiakannya.Bunga-bunga gamal merupakan pakan lebah yg baik
untuk peningkatan produksi & kualitas madu yg dihasilkan


Khasiat lain dari gamal

Gamal merupakan sumber kayu api yg baik; terbakar perlahan & menghasilkan sedikit asap, kayu gamal mempunyai nilai kalori sekitar 4900 kcal/kg. Kayu terasnya infinit & tahan rayap, dengan kayu ini baik untuk menciptakan perabot rumah tangga, mebel, konstruksi bangunan, & lain-lain.

Bunga dari tumbuhan gamal ini sanggup dimakan atau dimasak sebagai sayuran.Namun perlu ada persayaan khusus sebelum memasaknya.bagi kau yg tidak tahu cara memasaknya aku sarankan sebaiknya jangan,karena jikalau tidak tahu cara pengolahannya bunga gamal ini sanggup menjadikan keracunan.

Itulah klarifikasi dari Berbagai Khasiat Gamal untuk Kesehatan, Pertanian, & Ternak,yg sanggup aku sampaikan. semoga goresan pena ini bermanfaat!!!!

Subscribe to receive free email updates: